Strategi Pemasaran Media Social Paling Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan

P

ada era internet sebagaimana saat ini aktivitas promosi dan pemasaran berbagai unit usaha kian terbantu dengan beragam metode marketing online, salah satunya adalah pemasaran media social. Social media marketing merupakan sebuah teknik untuk memperoleh pengunjung website atau menarik perhatian calon konsumen melalui situs media social seperti IG, Facebook, Twitter, YouTube, dan sebagainya. Agar metode ini efektif, pembuat konten harus mengupayakan agar postingan baik berupa tulisan, foto, atau video menarik perhatian dan membangkitkan rasa ingin tahu. Umumnya mereka yang merasa puas akan sebuah konten kemudian akan mengklik tombol share untuk membagikannya.

 

Strategi pemasaran media social

Bila Anda sebagai pemilik sebuah bisnis dan berniat untuk melakukan pemasaran dengan sarana media social, beberapa panduan berikut ini mungkin bisa menjadi referensi Anda.

 

Membuat sebuah fans club

Ini berlaku untuk bisnis yang sudah mempunyai banyak pelanggan setia. Dari para klien ini Anda bisa melakukan survey tentang respon konsumen terhadap produk yang Anda kreasikan. Pertama Anda bisa membantuk sebuah club untuk memperoleh respon terhadap produk tersebut baik berupa testimonial menggembirakan, keluhan, serta berbagai macam feedback. Fans club juga akan membantu Anda menciptakan produk yang memang diinginkan oleh konsumen.

 

Merespon secara efektif

Bagi pemula yang ingin melakukan pemasaran media social, penting bagi Anda untuk membuat follower akun media social Anda percaya bahwa akun tersebut benar-benar nyata dan aktif. Caranya adalah dengan melakukan update status secara rutin baik pada Twitter, Facebook, atau Instagram Anda. Usahakan untuk memberikan tanggapan secepat mungkin atas berbagai macam pertanyaan yang berhubungan dengan produk Anda. Inilah yang dimaksud strategi merespon secara efektif.

 

Bersedia mendengarkan

Salah satu keunggulan menggunakan social media sebagai sarana pemasaran adalah Anda bisa lebih mudah mengetahui keinginan konsumen. Misalnya bila Anda berkecimpung dalam bidang kuliner dan memposting sebuah menu makanan dagangan Anda, mungkin akan ada konsumen yang merespon sekaligus mengatakan kebutuhannya, contohnya, ia tak dapat menjangkau gerai Anda karena berbagai hal. Ini adalah kesempatan untuk menambahkan fasilitas pada bisnis Anda, misalnya dengan layanan pesan antar yang dapat menjadi solusi. Konsumen yang dimanjakan pasti akan menjadi klien setia Anda.

 

Pesan promosi

Cermatlah saat melakukan pemasaran media social yang berkaitan dengan pesan promosi. Upayakan untuk melakukan update promosi ini pada waktu-waktu yang tepat. Terlalu sering mengunggah promosi produk akan membuat followers Anda bosan dan memutuskan pertemanan dunia maya ini. Tentu saja ini adalah sebuah kerugian. Ada etika yang harus dipenuhi saat melakukan promosi di dunia maya ini agar produk Anda semakin populer tanpa membuat orang lain sebal dengan postingan Anda. Pelajari lebih jauh tentang hal itu.

 

Menjalin relasi

Perusahaan yang baik tak hanya mengutamakan transaksi sesaat dengan para konsumennya, tetapi mengupayakan terus menjalin hubungan baik. Manfaatkan social media untuk meraih tujuan tersebut dengan berkomunikasi secara  efektif, baik, dan sopan dengan calon konsumen atau mereka yang pernah membeli produk Anda. Ini akan meningkatkan kemajuan perusahaan Anda. Mempunyai banyak relasi bagi pebisnis adalah sesuatu yang baik dan Anda bisa memetik keuntungan dari kondisi tersebut. Pertama mungkin Anda bisa bertemu calon investor potensial, kedua Anda bisa menambah daftar konsumen setia Anda, serta ketiga, produk Anda menjadi semakin dikenal orang.

 

Nah, Anda tertarik mencoba metode pemasaran media social ini untuk memajukan bisnis Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like