Uncategorized

Strategi Pemasaran Online Yang Efektif

B

agi Anda yang berkecimpung dalam bidang pemasaran atau marketing online pasti sudah sangat memahami bahwa cara memasarkan produk secara efisien dan efektif adalah hal penting yang harus dikuasai. Ini tentu saja berkaitan dengan penjualan produk baik yang merupakan milik sendiri atau orang lain. Sayangnya belum banyak yang mengetahui strategi pemasaran online terutama bagi mereka yang baru memulai usaha secara online ini. Nah, untuk memahaminya lebih jauh, simak ulasan berikut ini.

 

Panduan strategi pemasaran online secara efektif

Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa secara efektif dan  efisien.

Riset

Sebelum memulai pemasaran online, tentukan produk yang hendak Anda jual dengan cara riset pasar terlebih dahulu. Ini termasuk mengamati kompetisi yang ada serta mulai mempertimbangkan apakah kita dapat mengusahakan ketersediaan barang atau jasa yang lebih berkualitas daripada yang sudah beredar sebelumnya di pasar. Contohnya Anda ingin merintis usaha penjualan love bird, perhatikan lingkungan sekitar dan carilah informasi berapa jumlah peternak love bird. Bila memang persaingannya tak terlalu ketat,  berikutnya adalah menganalisa bisakah Anda menyediakan burung-burung yang lebih berkualitas, lebih sehat serta dijual dengan harga lebih murah dari para competitor. Bila memang tak memungkinkan sebaiknya  lakukan riset untuk barang yang lain dan tak memaksakan diri.

 

Cari tahu kebutuhan konsumen

Strategi pemasaran online yang kedua adalah mencari tahu keperluan konsumen. Jadi tak hanya memburu barang-barang dengan keuntungan besar saja untuk dijual, tetapi informasi apakah produk tersebut dibutuhkan oleh konsumen atau tidak. Contohnya konsumen yang dapat Anda jangkau kebanyakan memiliki hobby memelihara love bird, tentu akan menjadi tak ideal bila Anda mencoba menjual ikan arwana walaupun bertipe super red yang harganya selangit itu karena konsumen tak butuh. Jadi upayakan untuk memilih produk yang memiliki potensi atau pangsa pasar.

 

Bisa menjadi solusi

Adalah hal yang wajar bila calon konsumen bertanya dengan detail tentang produk Anda yang ingin dibelinya. Misalnya, konsumen tersebut bertanya mengapa harga produk tersebut lebih mahal dibandingkan produk lain yang sejenis. Langsung menurunkan harga bukanlah solusi terbaik, pertama, cobalah untuk menjelaskan keunggulan produk Anda, contohnya dari mutu bahan baku, proses pembuatan, tahan lama, dan seterusnya. Yang harus dihindari dalam strategi pemasaran online adalah adanya kesan memperdaya calon konsumen demi meraih keuntungan besar.

 

Promosi teknik email marketing

Kita boleh menggunakan email sebagai sarana promosi. Perhatikan, seringkali saat melihat-lihat sebuah situs atau blog yang berkaitan dengan tutorial, hampir semuanya memberikan kotak email pada bagian sidebar dengan kata-kata follow by email. Bila Anda menginput alamat email dan menjadi subscribernya maka Anda akan memperoleh pemberitahuan tentang update teranyar dari website tersebut. Anda pun bisa melakukan ini dengan menjadikan pesan pemberitahuan tersebut sebagai email promosi produk Anda.

 

Closing

Dalam dunia marketing, termasuk strategi pemasaran online ada yang disebut seni closing yang akan menentukan apakah konsumen jadi membeli barang Anda atau tidak. Bila keliru memilih kalimat ini bisa-bisa calon konsumen Anda kabur. Yang paling penting pada teknik closing adalah meyakinkan pelanggan untuk segera melakukan order karena bila tidak yang bersangkutan bisa berubah pikiran. Gunakan selalu kalimat-kalimat positif seperti:

  • Jadi, Anda ingin memesan produk yang ini atau itu?
  • Untuk tipe yang Anda incar itu bisa saja besok sudah habis.

Nah, semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *